Friday , October 18 2024
Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Gusi Bengkak dengan Mudah

Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Gusi Bengkak dengan Mudah

Masalah gusi bengkak bisa dialami siapapun baik itu di masa remaja, dewasa maupun orang tua. Ketika mengalami hal tersebut, sebaiknya Anda tidak membuat sepele sebab jika dibiarkan terlalu lama akan membuat gangguan mulut yang lebih serius.

Tentunya, gusi yang sudah terlanjur bengkak biasanya ditandai berbagai faktor mulai dengan pembesaran gusi yang semakin menonjol, gusi memerah, bau nafas yang tidak sedap maupun mudah berdarah ketika disentuh.

Jika sudah parah, gusi yang bengkak akan membuat tidak nyaman pada rongga mulut. Ketika gusi yang mengalami beberapa faktor di atas akan menimbulkan beberapa keluhan yang membuat Anda sering kelimpungan saat memakan sesuatu.

Untuk mengatasi permasalahan mulut sebaiknya mengajarkan cara mengatasi gusi bengkak pada anak sedini mungkin. Ciri-ciri gusi yang sehat Anda akan mendapati warna gusi merah muda dan mampu menahan gigi saat makan. Jika Anda rutin menjaga kesehatan mulut maka gusi akan sehat dan tidak mudah terserang gangguan mulut.

Penyebab Gusi Bengkak

Penyebab Gusi Bengkak

Memang masalah gusi yang bengkak ini tidak bisa dianggap sepele apalagi anda sedang menjalankan aktivitas tertentu. Jika dibiarkan terlalu lama tentu akan mengganggu aktivitas saat berkomunikasi langsung. Berikut beberapa penyebab gusi bengkak yang perlu Anda ketahui.

1. Gigi Berlubang

Penyebab gusi bengkak yang pertama bisa disebabkan karena gigi yang berlubang. Gigi yang berlubang akan menempatkan kuman sisa bekas makanan. Jika tidak dibersihkan dengan gosok gigi ataupun dengan obat kumur setelah makan maka bisa menyebabkan infeksi yang menyebabkan gusi bengkak.

2. Infeksi

Infeksi juga bisa merembah pada mulut yang menyebabkan gusi bengkak. Kondisi ini seringkali dialami setelah Anda menderita herpes. Bahkan bagi para penderita sariawan juga bisa menyebabkan gigi bengkak akibat jarang membersihkan mulut.

3. Kehamilan

Pada masa kehamilan para ibu hamil seringkali mengalami masalah gusi bengkak. Hal ini wajar, sebab hormon yang dihasilkan tubuh pada masa kehamilan akan meningkat yang menyebabkan aliran darah di gusi semakin tinggi.

Peningkatan tersebut akan membuat gusi lebih mudah terisitasi yang menimbulkan pembengkakan. Perubahan tersebut sebaiknya di sikapi dengan bijak, sebab imunitas tubuh sedang menurun dan bakteri yang mendominasi biasanya akan menyebabkan infeksi gusi.

4. Kekurangan Vitamin

Kebanyakan orang saat imunitasnya turun akan mudah terserang penyakit. Begitupun seseorang saat kekurangan vitamin B maupun C seringkali akan mengalami pembengkakan gusi. Untuk menjaga gigi dan gusi tetap kuat Anda bisa mengkonsumsi vitamin C yang cukup.

Ketika asupan vitamin c yang dibutuhkan tubuh terlalu rendah bisa menyebabkan masalah skorbut atau disebut Anemia dan penyakit gusi.

5. Plak Gigi

Hal yang paling sering dialami banyak orang awal mula terjadinya infeksi gusi biasanya disebabkan karena penumpukan plak gigi. Hal tersebut memang terbentuk secara perlahan-lahan akibat sisa makanan yang tertinggal yang jarang gosok gigi.

Bisa Anda ketahui ketika seseorang memiliki gigi terlihat kekuningan ataupun coklat terang bisa jadi seseorang tersebut jarang gosok gigi. Jika dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan gigi berlubang maupun infeksi gusi gigi.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

1. Kompres

Cara mengatasi gigi bengkak yang pertama, Anda bisa menggunakan air hangat atau dingin untuk mengkompres bagian gusi yang terasa sakit. Cara mengkompres gigi bengkak dengan air hangat, sediakan kain yang bersih, kemudian celupkan ke dalam air hangat. Peras kain tersebut lalu tempelkan pada pipi di gusi yang sakit.

Cara menghilangkan rasa sakit pada gusi yang bengkak dengan air dingin. Bungkuslah es dengan kain bersih atau alat kompres yang bisa dibeli di apotek. Tempelkan kompres tersebut pada gusi yang sakit akibat bengkak.

2. Kumur dengan Air Garam

Garam adalah salah satu bumbu dapur yang ampuh mengatasi gusi yang bengkak. Garam mempunyai yodium yang tinggi yang mampu membasmi bakteri penyebab plak gigi. Garam juga mengandung antiseptik yang mampu mengatasi bau mulut tak sedap.

Cara mengatasi gusi bengkak menggunakan garam. Sediakan 2 sendok makan garam dan larutkan ke dalam segelas air hangat lalu aduk hingga larut dan digunakan untuk berkumur-kumur.

3. Madu

Salah satu bahan alami yang mengatasi gusi bengkak anda dapat menggunakan madu. Madu yang sering digunakan dalam bidang kesehatan dan kecantikan ternyata cukup ampuh untuk mengatasi gigi yang bengkak. Caranya cukup oleskan madu pada usia bengkak tersebut minimal tiga kali dalam sehari.

4. Konsumsi Makanan Bergizi

Salah satu cara yang paling ampuh untuk mengatasi gusi bengkak adalah tetap mengkonsumsi makan makanan yang bergizi. Memenuhi gizi dalam tubuh akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Saat kekebalan tubuh anda meningkat dengan baik maka seseorang akan jarang terserang penyakit.

Jenis makanan yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh seperti buah strawberry, buah kiwi, jeruk, buah jambu atau makanan yang mengandung banyak vitamin C.

5. Sikat Gigi Minimal Dua Kali Sehari

Pentingnya gosok gigi dua kali sehari akan memberi banyak manfaat ada mulut. Di samping membuat nyaman, rutin gosok gigi akan menghindarkan bakteri yang berkembang pada mulut.

Ketika bakteri mudah menyebar pada mulut akan menimbulkan penyakit seperti sariawan gusi bengkak bau mulut tidak sedap dan yang lainnya.

6. Gunakan Pasta Gigi yang Tepat

Cara selanjutnya untuk mengatasi bau mulut dan gusi bengkak adalah penggunaan pasta gigi yang tepat. Kami merekomendasikan untuk kesehatan mulut dan mengatasi gusi bengkak untuk menggunakan pasta gigi Closeup Ever Fresh.

Closeup Ever Fresh Cara mengatasi Gusi Bengkak

Pasta gigi CloseUp dipercaya mampu membersihkan gigi hingga bagian dalam. Adanya kandungan antibacterial mouthwash formula mampu melawan bakteri yang menyebabkan gangguan pada mulut. Selain itu, penggunaan Closeup Ever Fresh dengan rutin akan membuat nafas lebih segar sehingga membuat komunikasi lebih percaya diri.

Itulah beberapa tips mengatasi gusi yang bengkak dan penyebabnya. Semoga dengan adanya bacaan diatas Anda lebih peka terhadap kesehatan mulut, gusi dan gigi. Lebih baik mencegah dari pada mencegah, itulah sebuah kata-kata bijak yang bisa mewakili artikel diatas.